Menu Home

Atasi Banjir, Pemerintah harus Berani Gusur Mall – 4 Februari 2014 – rmol.co

RMOL. Agar banjir tidak menjadi bencana rutin yang melanda Jakarta, sudah seharusnya dibuat kebijakan yang berani dan tegas.

“Salah satunya, Pemerintah harus berani menggusur mall,” tegas  politikus muda PAN Kanti W. Janis dalam pernyataannya pagi ini (Selasa, 4/2).

Selama ini jika mau menyalahkan infrastruktur terkait penyebab banjir, selalu kaum marjinal duluan yang dikejar. Seolah-olah mereka yang tinggal di bantaran sungai adalah penyebab utama banjir. “Padahal bangunan-bangunan mega besar itulah penyebab utamanya,” kata Kanti lagi.

Dia mengakui, untuk menggusur mall tersebut berat, tetapi juga bukan tidak mungkin bisa dicapai. Karena itu, pemerintah harus mengajak bertemu para pemilik dan pemegang saham mall, panggil ahli tata kota dan ekonomi. “Yakinlah bahwa keteraturan akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi seluruh pihak,” katanya meyakinkan.

Menurutnya, jika mereka adalah negarawan sejati mereka rela mall-mall itu dirobohkan. Apalagi, sekarang jika sudah terkepung banjir dan macet, tak ada lagi orang yang mau mengunjungi mall.

“Mall pun tidak membawa keuntungan ekonomi nyata bagi pengusaha eceran lokal. Coba jelajahi mall, berapa persen merek nasional yang masuk disana? Keberadaannya hanya bikin banjir, membuat yang kaya makin kaya, mempertajam jarak sosial antar kelas ekonomi,” imbuh calon anggota DPR RI daerah pemilihan Jakarta III,  yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu ini.

Karena itu, dia menambahkan, warga Jakarta lebih butuh kawasan hijau daripada mall. Warga Jakarta lebih butuh daerah resapan air daripada mall. “Warga Jakarta lebih butuh kehidupan bebas banjir daripada mall,” pungkasnya. [zul] Laman berita

Categories: Blog

Kanti Janis